Dikirimkan pada

Risalah Pernikahan Qurrotul ‘Uyun

“Gegarane wong akrami dudu bondo, dudu rupo anamung ati pawitane, luput pisan, yen kena pisan yen angel, angel kalangkung tan kena tinombo arto”.

“Pada hakekatnya pernikahan itu bukan karena harta benda. juga bukan karena ketampanan atau kecantikan. sesekali terlepas sesekali mendapat. Jika mudah teramat mudah jika sulit teramat sulit dan tidak bisa di gantikan dengan harta”.

Allah swt maha luhur berfirman dalam kitab-Nya “Istri-istrimu merupakan lahan tempat bercocok tanam, maka datangilah lahan tempat bercocok tanamu sesuai seleramu. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertaqwalah kepada ALLAH serta ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Wahai Muhammad, berilah kabar gembira orang-orang yang beriman itu”.

Berkenaan dengan firman Allah swt ini, penulis bermaksud membuat tulisan dari sebagian yang saya ambil dari kitab yang termasuk dalam kekayaan khazanah kitab kuning yaitu : Qurratul ‘Uyun dalam kitab ini tidak hanya mengajari pasangan suami istri bergaul tetapi hingga pergaulan yang paling intim, bahkan juga memuat petunjuk-petunjuk tentang hari-hari baik untuk melaksanakan perkawinan (hal-hal baik lainnya). Namun berbeda dengan aturan “Nogo Dino” karena dalam kitab ini di sebutkan agak rinci alasan-alasannya.

Semoga Allah swt melimpahi Rahmat serta berlipat ganda pula pahala dan di ampuni dosa-dosa kelak di akhirat kepada Syekh Muhammad al-Tahami bin Madani yang mempunyai karya yaitu kitab “Qurratul ‘Uyun”  yang kemudian di tulis sebagai syarah (uraian penjelasan) bagi buah karya Syekh Qasim bin Ahmad bin Musa bin Yamun, yang di tulis dalam bentuk Nadham (Syair).

Tentang hanichan29

Just take it easy...!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s